Saturday, September 27, 2014

Mengenang AFAID 2014


Hey guys? Masih ingat dengan AFAID 2014 Agustus lalu? Yup ini event tahunan cosplay bertaraf internasional. Berawal dari event cosplay milik Singapore ini yang kemudian melebarkan sayap ke Indonesia. Siapa sih yang gatau event dengan tiket termahal yang pernah diadakan di Jakarta dan mendatangkan artis ori Jepang ke sini. Semua ingin datang dan ambil bagian langsung. Termasuk saya yang jauh jauh(ga jauh juga sih) ke Jakarta. Seperti yang kita tahu, tiket terendah dengan akses hanya exhibition saja sudah 75ribu rupiah, untuk akses plus stage 180ribu, untuk anisong concert 1 hari 450ribu hingga 850ribu(VIP). Bagi yang minat datang ketiga harinya ada harga khusus tentu saja. Tapi di sini saya gakan cerita pengalaman orang lain maupun AFA secara umum melainkan pengalaman pribadi saya ke AFA. So lets enjoy then.



AFA kali ini diadakan 15,16,17 Agustus 2014. Tapi karna dana yang terbatas disertai pribadi saya yang penuh perhitungan (efisien atau pelit y?), saya memilih datang satu hari saja yaitu hari terakhir. Siap-siap saja yang datang hari terakhir dianggap tidak nasionalis karena bertepatan dengan ulang tahun negri kita tercinta ini, Indonesia. Saya sudah siap budget dari jauh-jauh hari jaga-jaga kalau di Anisong ada Artist kesayangan saya yang manggung. Tepat sekali T.M.Revolution yang sempat saya voting ke AFA juga akhirnya datang dan tampil pada tanggal 17. Saya sih beli tiket VIP dengan uang yang dikumpulkan lewat kerja keras *uhuk*. Saya beli tiket secara online di rajakarcis.

Langsung saja cerita pas hari-H. Intinya saya gak mau meninggalkan kewajiban gara-gara hobby, maka pagi-pagi saya kebaktian jam 6 pagi. Untung ada kebaktian jam segitu. Saya ke Jakarta via travel Xtrans di de batara hotel cihampelas menuju hotel Kartika candra yang kebetulan tidak jauh dari lokasi acara. Untuk mengirit lol saya jalan kaki dari sana ke JCC. Perjuangan loh jalan kaki di Jakarta, beda dengan di Bandung. Panasnya itu loh. Dari hotel tinggal jalan lurus sih dan lagipula tak kelihatan ada angkot di sana. Sampai di JCC saya beneran buta arah karna salah masuk ke tempat pembelian tiket, harusnya tinggal nuker voucher saja kan. Salah sendiri kaga ada petunjuk, mana loketnya nampak sama lagi lol. Masuk pintu masuk saya dihadang panitia. Bukan karna salah masuk sih, tapi karna VIP ada undian untuk mendapat kesempatan meet n greet dengan artis. Saya memilih kotak TM.R. Waktu tahu saja udah deg-degan karna bisa dapat tanda tangan langsung aka face to face dengan TMR *kya kya*. Itu panitia ngomong 'jreng jreng jreng' kaya di acara kuis TV aja lol. Waktu saya mengambil kertas undian yang tinggal sedikit itu, ternyata dapat lalu si panitia bilang "selamat berkesempatan bertemu TMR di bawah tangga". Awalnya bingung juga di bawah tangga itu dimana haha *liat peta*. Karena sasaran utama hanya TMR, sambil menunggu waktunya, saya berkeliling di area exhibition dan stand2 produk ori dari Jepang. Gak banyak beli-beli sih karna cuma bawa 300rb. Saya hanya membeli CD TMR dan kaos AFA yang harganya emang kurang ajian. Kaos doang 200rb dong! alamak bikin bangkrut deh. Demi kepuasan batin dah gapapa setaun sekali boros *ATM menjerit*.

Produk-produk japan emang bikin ngiler tapi ya ya T^T sudahlah. Diluar ekspetasi pengunjung minggu tak padat tapi cukup banyak yang masih bercosplay. Kabarnya ada meet n greet dengan cosplayer idol yang sudah terkenal gitu deh. Ternyata di tengah barang serba mahal masih ada gratisan loh. Gratis photoboot dari moshi-moshi japan dan animax.
Bagian paling berkesan saat meet n greet adalah fans TMR mesti berbangga karna boleh salaman dan kasih salam langsung. Awalnya ketua panitia bilang hanya ngambil poster tok tapi ternyata manager entah siapa gitu keluar dan bawa kabar baik itu hoho. Sontak para fans menjerit. Antrean berjalan manis dan rapi, hanya detak jantung saya saja yang tidak beratiuran. Muka gue harus dilipet abis ngomong itu ke TMR wkwk. Cuma bilang 'ureshii' sih tapi kok malunya bikin terlontar ke ruang angkasa ya. Kalau ada yang inget pernah liat saya waktu itu kayanya saya mau lari aja deh X'D. Waktu menunggu konser dimulai saya kembali ke stage untuk melihat performance dari cosplayer-cosplayer. Ada yang bikin ketawa, ada yang bikin terkagum-kagum, ada juga yang bikin troll. Juri tak lain adalah cosplayer guest yang terkenal itu walaupun sebagian besar saya tak tahu siapa *hammer*. Akhirnya performance para peserta lomba ditutup dengan penampilan dari lunar cosplay team. Karna sama-sama dari bandung, saya kenal kalau mereka sih. Walau VIP tetep aja ngantri di depan pintu masuk hall konser. Beberapa pengunjung bilang "VIP ada nomornya kan kenapa masih ngantri". Kalian saya denger loh pas ngomong gitu haha *<ikut ngantri*. Ya mungkin saking gak sabarnya gitu nunggu pintu dibuka sampai duduk berjejer di depannya. Beberapa panitia terlihat 'jualan' lightstick. Sebenernya karna saya penggemar rock kerasa awkward untuk megang stick. Saya sadar sebagian besar artis beraliran pop sih jadi serasa VVOTA lol. Saya nggak beli sih karena kan katanya VIP sudah termasuk lightstick. Herannya ada yg beli mpe 5 lightstick tauk deh buat apa.
Sebelum konser dimulai secara mengejutkan penonton diundang berdiri dan melantunkan lagu Indonesia raya dalam rangka HUT RI. Sontak banyak yg memberi hormat pada bendera Indonesia di layar sisi panggung. Konser dibuka dengan penampilan DJ Kazu. Gak kenal sih tapi ya ikutan yang lain aja deh berhubung banyak lagu anime favorite juga yang dia mainin. Sangat disayangkan meski VIP disediakan tempat duduk, penonton tetap saja berdiri. Mana saya kebagian agak belakang dengan postur sechibi ini hikss T^T. Kalian tau gak rasanya jinjit selama lebih 2 jam oi *kesel rasanya* #terimaNasib. Dilanjutkan Luna haruna yang suaranya cempreng *maaf* . Ujung-ujungnya saya duduk saja sepanjang Luna Haruna nyanyi dan sering dibikin troll krna tiap jeda lagu dia bilang 'terimakasih' dengan suara cempreng ala anime haha *maaf lagi*. Tapi saya cukup menikmati lagunya sih. Ada satu lagu yang menurut saya dan cici2 di sebelah kalau suara Luna lebih bagus begitu lol. Selanjutnya saya kira TMR yang maju, ternyata Garnidelia. Saya juga kurang tahu lagunya tapi masih bisa menikmati. Emang keren sih lagunya. Dan akhirnya tiba giliran TMR. Saya langsung berdiri tapi tetep gak keliatan *facewall*. Yang paling bikin fans histeris itu waktu TMR strip aka buka baju dr jaket sampai kemeja dalemnya *woi* (///v///). TMR juga sempat mengucapkan selamat ulang tahun Indonesia *terharu* Karena sudah malam dan gak mau kemalaman sampai rumah, saya pulang dari afa jam 8 malam tepat. Beruntung gak perlu pakai travel karena nebeng temen, diantar sampai depan gang pula. Makasih sekali untuk orang-orang yang telah membantu merealisasikan mimpi saya ketemu TMR. Poster nya karena gak mungkin dipajang di kontrakan, saya simpan di lemari saja. This is fun.

Note: Gak tau apakah lain waktu akan bisa datang k AFA lagi atau nggak. T^T. Ngomong-ngomong di singapore ada Flow dan band visual kei-nya =_= Dasar AFA.

No comments: