Wednesday, June 10, 2015

Mengenang Clas:h Bandung 2015

Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya mengikuti clas:h beberapa bulan lalu. Agak telat ya? XD tapi tak apa deh.

Clash? Apa itu clash? Well bagi penggemar cosplay atau costume play harusnya tau acara bergengsi satu ini. Yup clash itu tuh kompetisi cosplay tingkat nasional yang gak kalah mentereng dengan AFA. Bukan hanya cosplay saja sih lomba yang diadakan, ada cover sing dan seiyuu kontes juga. Bahkan klo menang, bisa ikut lomba ke jepang *Q*. Hadiahnya? Jangan ditanya deh, pasti ihwaw. Bahkan ada yang special untuk taun ini. Special? Ya! Kali ini penyisihan clash hadir bukan hanya di jakarta, jadi tidak perlu jauh-jauh bolak balik jakarta. Salah satunya tentu saja di Bandung tepatnya di balai sartika, bikasoga jalan buah batu. Ternyata banyak sekali cosplayer yang ikut kompetisi di Bandung dibanding kota lain. Nah saya juga ikut tapi cuma iseng-iseng berhadiah sih *laugh* jangan tanya cosplay apa lah ya wkwk.

Pertama kesana awalnya bingung karna gak tau bikasoga *gw org bandung bukan sih?* tapi ternyata tempatnya tidak sesulit yang saya kira. Naik kalapa-buah batu pun turun tepat di depannya, jalan dikit ke dalamnya sih. *maklum angkoters*
Pertama masuk saya mencari-cari lokasi daftar ulang karna bingung ga ada tandanya (entah gak keliatan aja XD). Tapi panitia yang cantik-cakep dan ramah-ramah untungnya mau membantu. Walau akhirnya sempet kelewat juga itu meja daftar ulang. Untungnya yang jaga kenal saya terus manggil, "mau daftar ulang neng?" Katanya XD dan emang beberapa orang lain juga mengalami hal serupa. Lain kali tandanya tolong ditaro di tempat yang orang pasti liat ya, yang menonjol gitu (segede gaban kalau perlu XD #plak). Satu lagi yang bikin bingung adalah ruang ganti cosplay. Ternyata ruang gantinya ya itu di area daftar ulang juga (alamak) tepat di samping panggung. Di situ disediakan cermin-cermin besar untuk bermakeup dan tempat ganti berupa box yang ditutupi kain gitu. Yang unik adalah tempat gantinya kurang tertutup rapat karna pintu berupa kain cuma terpapar begitu saja seperti tirai, bikin saya sempat ragu ganti di situ. Untunglah cosplayer lain berbaik hati untuk menjaga kainnya agar tidak tersingkap, meski dia cowo dan saya cewe. You guard me right sir XD. Daripada jauh-jauh ke wc ya sudahlah. Hanya selanjutnya untuk menunggu giliran hak guna cermin tak mudah ternyata, karna terlihat di'booking' tim yang sudah ada, jadi alternatif lain adalah dengan cermin yang dibawa sendiri. Habis itu cosplayer juga difoto oleh kameko untuk dokumentasi. Berasa model deh XD.

Untuk acara memang agak ngaret tapi masih dalam batas wajar. Hanya saja waktu cosplayer parade diaba-abai untuk ngantri perform,harus menunggu lagi agak lama sampai giliran tampil. Tampak juga cosplayer yang telat hadir, mungkin ada urusan dulu paginya. Single cosplayer juga tak kalah keren dengan yang ikut nasional competition. Panitia nampak tak kalah sigap saat mengurus parade cosplay yang diikutin banyak sekali peserta. Lalu pengumuman pemenang pun langsung dipilih juri saat itu juga. Juri kita Pinky lu xun tampak malu-malu sama cosplayer sixpack yang dia pilih jadi juara favorite hoho. Satu hal lagi yang disayangkan adalah ketiadaan tempat penitipan barang jadi peserta bertanggung jawab untuk menjaga barangnya masing-masing. Untung juga temanku punya teman yang sewa stand dan bisa dititipi barang. Setelah parade cosplay beres barulah cosplayer yang sudah tampil bisa bebas mau makan, beli menchandise, ke wc bagi yang udah menahan panggilan alam, nonton penampilan lain di stage maupun foto session.

Untuk hiburan, bintang tamu dari surabaya (bener kan?) 1000% boyz tak kalah menarik terutama bagi fujoshi o(^▽^o) . Sampai-sampai MC, ko Richfield edbert yang saat itu mengenakan kostum lupin, juga notice sama adegan peluk cium dari 1000% boyz *laugh*. Mereka mengcover character-character utapri dengan cukup baik (dancenya). Sayang sekali cuaca buruk melanda kota bandung setelahnya. Stand-stand di tenda luar harus sigap mengantisipasi air yang mengalir akibat hujan deras. Jalan ke ruang ganti sempat banjir pula. Panitia juga lain kali harus mengenal dan memperhatikan 'medan' atau venue yang dipakai untuk mengantisipasi hal ini. Sebagian cosplayer yang telah tampil terlihat sudah menghapus makeup dan melepas kostumnya, ada juga yang terjebak hujan berdiri di depan gedung tanpa bisa ke ruang ganti karna kondisi jalan tergenang air. Untungnya saya sudah sedia payung sebelum hujan. Buka jasa ojek payung bisa kali ya? *laugh*

Sore hari yang dingin kembali dihangatkan oleh suara merdu Hiroaki kato yang menjadi bintang tamu saat itu. Beliau juga sempat berduet dengan vokalis mocca membawakan sebuah lagu anime jadul yang mungkin hanya diketahui oleh anak jepangan angkatan tua hoho. Interaksi dengan penonton juga tak kalah baik. Penonton pun mendengarkan cerita menarik Hiroaki kato selama di indonesia serta ikut bernyanyi bersama. Tapi maaf loh penampilan penyanyi sebelumnya tidak nonton gara2 berkutat dengan hujan di luar, jadi tak bisa komentar.

Pertunjukkan kemudian dilanjutkan penampilan setiap tim cosplay dalam nasional competition. Persaingan telihat sangat ketat karena setiap tim tampil bagus dengan kostum keren dan tema cerita yang berbeda-beda. Sempat ada gangguan teknis pada latar video saat penampilan sebuah tim yang membawakan tema sailormoon, sehingga penampilannya digeser ke paling akhir. Terdengar sedikit protes kecewa dari para penonton, namun akhirnya terselesaikan dengan baik. Terlebih saat tim yang tadi mengalami gangguan malah menjadi ending yang indah di kompetisi tersebut. Selama proses penilaian dan diskusi oleh para juri, penonton dihibur kembali oleh penampilan lunar costeam yang sudah lama malang melintang di per-cosplay-an Bandung. Sebenarnya cerita yang dibawakan pernah ditampilkan pada AFA taun lalu yaitu rurouni kenshin. Entah kenapa meski sudah pernah menonton dan tahu alur ceritanya, tetap saja seru untuk dtonton dan adegan ngakak serta mengharukan masih mengena di hati. Setelah pengumuman pemenang, acara ditutup oleh penampilan DJ dari RedShift.

Clash bandung diharapkan menjadi permulaan diliriknya Bandung untuk dibuatkan event berskala nasional lainnnya. Berhubung di kota tercinta ini cuma ada event kampus dan sekolahan T.T Walaupun acara ini belum bisa terbilang sukses karna berbagai kendala, tapi bisa jadi sarana yang baik bagi potensi-potensi cosplay yang ada. Masalah sampah masih harus diperhatikan juga berhubung masih ada pengunjung yang bandel gak mau buang sampah pada tempatnya. Masih terlihat kantong sampah yang sudah penuh masih dipaksa masuk sampah padahal masih ada kantong lain yang masih kosong. Juga cuaca Bandung yang tidak menentu harus diperhatikan terutama untuk menggunakan bagian luar venue. Terakhir untuk menjaga barang bawaan selama event berlangsung, jangan sampai ada berita kehilangan dimana-mana terutama di clash kemarin, panitia menemukan berbagai macam kehilangan, dari hilang kunci motor sampai ada yang kehilangan temen segala *laugh*

We wish to see you again in next clash

No comments: